Minggu, 27 Januari 2013

Indahnya Ukhuwah Abilerim

Abi, adalah panggilan yang selalu melekat saat nama kami dipanggil, ketika kami sudah masuk dalam komunitas Dershane (bhs.Turki) atau dalam Bahasa Indonesianya adalah rumah tempat belajar. Kami mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam hal ini adalah yang tinggal di dershane, sangat mensyukuri indahnya kebersamaaan, beda sekali ketika kita tinggal di kost-kostan, aura kebersamaan kurang terpancar dengan tinggal di dershane, disini kami melatih kebersihan, keindahan dan kerapihan di rumah masing-maisng. Kita memilih rumah kost, tidak sembarang rumah, rumah yang kita kontrak setidaknya berada di dalam lingkungan perumahan komplek, karena dibutuhkan kualitas dan kauntitas rumah yang cukup baik. Ada beberapa kegiatan yang harus kami ikuti setiap harinya, diantaranya : Sholat berjama'ah, bersih-bersih, baca buku, masak dan lain sebagainya. Ketika Saya menulis tulisan ini, kurang lebih Saya sudah 2 tahun tinggal di Dershane, tidak terasa memang, disini sangat nyaman, aman dan temannyapun ramah-ramah.

Mirip seperti pesantren sebenarnya. Namun, ini pesantren ala Turki, menurut Saya, pesantren masih kalah dibandingkan dengan Dershane dalam beberapa hal, yang paling kompleks adalah, masalah kebersihan, sewaktu Saya dulu di pesantren hal kebersihan, adalah masalah yang nomor sekian, akan tetapi di Dershane kebersihan merupakan hal yang nomor wahid, ini terbukti dengan apabila di rumah kita ada sedikit kotor saja, diri kita pasti akan malu dengan sendirinya, hal ini juga berdampak positif bagi kehidupan Saya ketika Saya pulang ke rumah. Saya dapat mengajari orang tua Saya beberapa hal tentang kebersihan rumah, mulai dari sapu, handwash, lap lantai dan lain sebagainya. 


Di Dershane sangat dijunjung sekali yang namanya kebersamaan, baik dalam hal shalat ataupun makan. kegiatan ini cukup terorganisir, disini kami membuat beberapa jadwal kegiatan sehari-hari, mulai dari jadwal imam dan tasbihat sholat, jadwal masak, jadwal cuci pakaian dan lain sebagainya. Di Dershane juga ada satu orang yang ditunjuk sebagai seseorang yang diberi tanggung jawab lebih dari pada teman-temannya yang lain yang lazim di sebut imam rumah. Kebetulan  Saya sendiri yang jadi imam rumah di Dershane yang Saya tempati sekarang ini. Karier Saya di Dershane ini di mulai dari jama'ah, bendahara dan sekarang jadi imam rumah, semoga amanah ini dapat Saya emban dengan baik, tentunya dengan kerjasama teman-teman semua.

Indahnya Ukhuwah Abilerim Dershane Ciputat :








Dokumentasi diatas, itu pada salah satu acara syukuran abilers di Dershane Jambu.
Sampai disini dulu Guysss,,,okeeee!
Thank's alot of for visiting My Blog :))

2 komentar: